Rabu, 22 April 2020

Pengertian, Keuntungan, Jenis Google AdWords

Hallo teman teman! Selamat datang lagi di blog ku!
Apa sih Google AdWords? Keuntungan nya apa aja? Kelemahan nya apa aja? Bagaimana cara menggunakan nya?. Nah disini saya akan menjelaskan mengenai seputar google AdWords. 

Have fun!


Google AdWords

Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.(sumber : https://id.wikipedia.org/ )








Keuntungan Google AdWords
Google adwords ini memiliki kelebihan yang akan sangat menguntungkan bagi para penggunanya, antara lain:

1.      Jangkauan Pasar Lebih Luas Dan Terus Bertambah
Jangkauan google sangatlah luas. Banyak orang mengunakan google sebaga aplikasi mesin pencari. Google adwords dapat menjangkau sasaran Anda di seluruh dunia.

2.      Iklan Yang Tertarget
Melalui google adwords ini, usaha Anda akan ditargetkan sesuai sasaran Anda. Iklan Anda akan muncul sesuai keyword dan kategori yang Anda buat.

3.      Iklan Lebih Cepat Muncul
Google adwords dapat menampilkan iklan Anda dalam hitungan menit melalui Search Engine Result Page.

4.      Punya Banyak Tools yang Membantu
Google adwords memiliki banyak tools yang dapat membantu Anda dalam mengiklankan bisnis Anda, antara lain keyword tools, traffic estimator, placement tool, dll.

5.      Budget Dapat Diatur Sesuai Keinginan Promosi
Iklan melalui google adwords ini hemat dan fleksibel. Anda dapat mengaturnya dengan budget yang Anda miliki. Anda hanya membayar apabila calon konsumen tertarik dan mengklik iklan Anda. Keywords yang Anda gunakan juga dapat diubah setiap minggu, bulan, sesuka Anda ingin mengubahnya. ( sumber : https://www.herosoftmedia.co.id/wow )

Kelebihan Google AdWords

1.      Pengeluaran Efektif
Karena ada beberapa jenis sistem perhitungan biaya iklan, salah satunya adalah PPC (Pay Per Click) yang disesuaikan dengan budget.

2.      Jaminan Target Iklan
Menyadari bahwa pengguna mesin pencari Google mencapai miliaran orang, tak heran kalau Adwords mampu menjamin target atas iklan Anda. Anda tak perlu bingung akan strategi SEO organik karena situs yang dikelola bisa langsung naik ke halaman utama. Dengan Adwords pun, produk Anda bisa langsung muncul secara otomatis dan membuat omzet penjualan atau trafik situs meningkat.

3.      Mudah Digunakan
Tak perlu khawatir sekalipun Anda belum pernah menggunakan Adwords karena caranya sangat mudah. Dengan biaya pendaftaran yang gratis, Google memberikan tahapan proses pendaftaran secara jelas.

4.      Laporan Akurat
Google akan memberikan laporan secara akurat mengenai aktivitas ruang iklan Anda. Dengan laporan yang akurat, para pebisnis pun bisa menekan biaya pemasaran .
 (sumber : https://www.matawebsite.com/ )

Kekurangan Google AdWords

1.      Ada Keterangan Iklan
Saat menggunakan Adwords, situs Anda amemang bakal langsung muncul di bagian teratas halaman utama. Namun website usaha Anda bakal memiliki keterangan ‘iklan’ yang bisa saja membuat pengguna Google ogah mengunjunginya.

2.      Adwords Premium Masih Mahal
Meskipun ada opsi iklan PPC, pada dasarnya biaya Adwords premium masih mahal. Bahkan untuk kawasan Eropa dan Amerika, Google sampai menggaet Adwords Qualified Individual untuk iklan premium dengan tarif minimal USD 1.000 (sekitar Rp 14 jutaan). Harga PPC pun kadang cukup membebani pelaku UKM.

3.      Pembayaran Kartu Kredit/PayPal
Dan terakhir inilah kekurangan Adwords yang wajib Anda pahami yakni seluruh layanan pembayarannya hanya lewat kartu kredit atau PayPal. Kedua metode pembayaran ini jelas masih tidak digunakan oleh seluruh pebisnis di Indonesia
( sumber : https://www.matawebsite.com/ )

Cara Menggunakan Google Adwords
1.      Buka google Adwords.

2.      Buat akun google.
Anda bisa menggunakan akun Google pribadi Anda. Namun, jika Anda tidak ingin kotak masuk email Anda penuh dengan email dari Google Ads, Anda bisa membuat akun Google baru khusus untuk keperluan Google AdWords.

3.      Pilih goal.
Setelah login ke AdWords, Anda akan diminta untuk memilih goal dari iklan Anda. Ada tiga pilihan goal yang disediakan AdWords dan pilih salah satu yang paling cocok dengan bisnis Anda.

Goal pertama adalah menghubungi Anda melalui telepon. Jika Anda menjalankan bisnis yang kebanyakan transaksinya dilakukan via telepon, pilihlah goal pertama. Misalnya, Anda mengelola bisnis konsultasi yang menuntut klien untuk berbicara panjang melalui telepon.

Goal kedua adalah mengunjungi toko fisik. Apabila Anda mengelola toko fisik seperti restoran, kafe, rumah makan, atau jenis usaha lain yang menuntut pelanggan untuk langsung mengunjungi toko, Anda bisa memilih goal kedua.

Goal terakhir adalah mengunjungi website. Jika transaksi usaha Anda kebanyakan dilakukan melalui website, sebaiknya pilih goal ketiga. Pelanggan bisa langsung mengunjungi website Anda.


4.      Pilih jangkauan lokasi.
Selanjutnya pilih jangkauan lokasi yang Anda targetkan. Anda bebas memilih jangkauan lokasi, baik di Indonesia maupun luar negeri. Anda bahkan bisa mempersempit jangkauan lokasi ke kota atau provinsi tertentu.

5.      Pilih kategori
Pilih kategori bisnis yang Anda kelola untuk memudahkan Google untuk menentukan target audience iklan Anda.

6.      Buat copy iklan.
Membuat copy iklan untuk paid search tidak bisa dilakukan sembarangan. Google membatasi karakter untuk copy iklan Anda. Untuk headline iklan Anda bisa menulis sampai 30 karakter. Sedangkan untuk isi iklan Anda bisa menulis sampai 80 karakter.

7.      Masukkan foto
Pilih foto terbaik yang menggambarkan bisnis dan promo yang sedang Anda jalankan. Pilihan foto ini opsional.

8.      Tentukan budget
Google menerapkan PPC atau Pay Per Click. Jika iklan Anda tidak diklik, Anda tidak perlu membayar. Jadi Anda hanya perlu membayar ketika iklan diklik oleh target audience Anda. Dengan cara ini Anda bisa menghemat biaya iklan.


9.      Pilih metode pembayaran
Metode pembayaran yang disediakan Google cukup beragam. Anda bisa membayar menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Jadi meskipun Anda tidak memiliki kartu kredit, Anda tetap bisa memanfaatkan layanan Google AdWords.
( sumber :
https://www.niagahoster.co.id/ )

Jenis Jenis Google AdWords
Pada dasarnya, Tampilan iklan pada Google Adwords sendiri dibagi menjadi 2 Jenis Iklan, yaitu
1.  Google Search
Jenis iklan yang satu ini, akan muncul di hasil pencarian dengan keyword yang Anda gunakan.
  
2.   Google Display Network
Pada Google Display Network iklan tersebut akan muncul pada situs yang menggunakan atau menjadi Anggota Google Adsense. Umumnya Platform Display Network ini akan muncul berupa text, image, flash ataupun video.
( sumber :
https://trihutama.wordpress.com/ )


Tampilan Google AdWords


1. Tampilan Iklan Google Adwords Search




Iklan Google Adwords Search yang tampil pada Tampilan Dekstop biasanya berada pada sisi sebelah kiri. Dan, jika pada Tampilan Mobile, Iklan akan tampil pada bagian paling bawah atau paling atas pencarian, atau lebih jelasnya lihat ScreenShot diatas ini.

2. Tampilan Iklan Google Adwords Display Network

Tampilan Google Adwords Display Network pada tampilan Dekstop terlihat kaya sekali dengan warna. Namun berbeda dengan Display Network yang menggunakan Mobile Version, yang mana tampilan Iklan terlihat simple, atau lebih jelasnya silahkan lihat ScreenShot Google Adwords Mobile Version
( sumber : https://trihutama.wordpress.com/ )

Paket Google Adwords
Perlu anda ketahui bahwa Google Adword, memiliki dua paket untuk jenis pembayarannya,
yaitu :
Ø  PPM atau Pay Per Million Impressions
Dari namanya saja Impressions yang mempunyai arti Tayangan maka Google Adwords PPM adalah para pengguna yang membayar berdasarkan jumlah per seribu tayangnya iklan.

Ø  PPC atau Pay Per Click
Untuk Anda pemburu dollar pasti pasti sudah tahu artinya bukan ? benar sekali, Google Adwords PPC adalah para pengguna Adwords yang membayar berdasarkan jumlah klik yang didapat dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan yang tampil di hasil pencarian namun tidak di klik oleh orang tersebut. maka tidak dikenakan biaya.
( sumber :
https://trihutama.wordpress.com/ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar